Halloween party ideas 2015


zahzih.com| Penulis kembali akan membagi salah satu informasi yang langka nan unik. Kita sepatutnya bangga menjadi salah satu bagian dari negara yang penuh dengan keunikan dan keindahan alam baik flora maupun fauna. Salah satu keunikannya yaitu Lobster paling cantik di dunia yang ternyata berasal dari Indonesia.

Jenis lobster air tawar atau Crayfish dari Papua yang dinyatakan sebagai spesies baru sekaligus salah satu yang tercantik di dunia. Ilmuwan baru mengetahui bahwa lobster tersebut merupakan salah satu jenis baru ketika melakukan riset taksonomi beberapa waktu yang lalu, padahal lobster tersebut sebenarnya sudah menjadi komoditas perdagangan sejak 10 tahun terakhir.

Ilmuwan yang meneliti ini mula-mula hanya melihat lobster air tawar ini dari foto di toko hewan peliharaan. Awalnya ia tidak mengetahui asal dari lobster tersebut karena setelah menanyai kepada pedagang rata-rata mereka pun tidak mengetahui atau sengaja menyembunyikan. "melakukan penelitian ini seperti melakukan investigasi kasus kriminal" katanya seperti dikutip New Scientist, Selasa (19/05/2015).

Setelah melakukan analisis awal terhadap lobster air tawar ini, Lukhaup mengetahui bahwa makhluk indah tersebut termasuk kedalam golongan atau anggota dari genus cherax. Dia akhirnya mendapat informasi bahwa lobster indah yang dilihat dalam foto tersebut bersal dari Papua, Indonesia. Hal ini diketahuinya setalah menanyai kapada para pemasok.

Kemudian setelah mengetahui fakta tersebut ia pergi ke Papua wilayah Kepala Burung dan bertanya kepada para penduduk lokal perihal lobster indah tersebut yang banyak diperdagangkan serta ia juga menjelajahi perairan setempat. Di wilayah Hoa, Taminabun, Kepala Burung Papua, dia berhasil mendapatkan lobster yang menjadi targetnya tersebut.

Setalah itu ia membandingkan dengan beberapa jenis cherax lainnya. Setelah melakukan penelitian, terungkap bahwa lobster air tawar indah yang berasal dari Papua ini merupakan salah satu spesies baru yang dilihat dari pola warna, ukuran dan karakteristik capitannya.

Sayangnya lobster indah yang berhabitat di air tawar Papua ini, terancam kelangsungan hidupnya karena aktivitas perdagangan yang bertujuan untuk dijadikan sebagai salah satu objek hewan hias. Hal ini sungguh sangat disayangkan, mengingat begitu banyak flora maupun fauna yang asli dan hanya ada di Indonesia sudah banyak yang terancam punah bahkan ada yang punah.

Hal ini tidak terlepas dari pengaruh kita sendiri sebagai pribumi yang kurang menjaga dan melestarikan keindahan alam, flora maupun fauna yang telah di berikan oleh Tuhan yang maha esa. Dengan Postingan ini, penulis mengharapkan kesadaran diri kita sendiri dalam menjaga dan melestarikan keindahan bangsa ini, supaya dikemudian hari anak cucu kita masih bisa merasakannya. Sumber Indozone

Post a Comment

Powered by Blogger.