Halloween party ideas 2015


zahzih.com| Ilmuawan Islam sebenarnya adalah orang-orang pelopor di berbagai penemuan yang kita nikmati saat ini. Mirisnya penemuan mereka dilupakan bahkan diklain dari dunia barat, padahal kalau ditinjau lebih lanjut dari aspek sejarah maka kita akan tercengang karena penemuan-penemuan terkemuka di dunia ini padahal berasal dari ilmuwan muslim.

Sering dari kita menganggap kalau penemuan terkemuka berasal dari dunia barat semua, padahal ilmuwan-ilmuwan muslim merupakan penemu dan orang yang menjadikan dasar-dasar perdaban modern.

Belum lagi nama-nama ilmuwan muslimk ini di ubah dengan sedemikian rupa supaya seolah-olah ilmuwan tersebut berasal dari dunia barat.
Seperti Ibnu Sina yang lebih dikenal di dunia barat dengan nama Avicenna
Berikut penulis akan membagi informasi tentang ilmuwan islam yang dihilangkan jejeknya !

Al-Khawarizmi ( Penemu Aljabar )
Aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomer rasional, yang tidak rasional dan juga besaran geometris. Aljabar yang kita pelajari saat ini merupakan hasil dari kerja keras dari ilmuwan muslim ini. Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahkan ada yang berfikir kalau hal ini bersal dari dunia barat.
Beliau adalah matematikawan mulim yang juga orang pertama yang mengenalkan konsep membeasrkan nomor untuk kekuatan.

Ibn Al-Haitham ( Optik )
Ibn Al-Haitham menolak teori dari Euclid dan Ptolemy, mereka menyebutkan kalau cahaya dipancarkan dari mata itu sendiri. Ilmuwan muslim ini membuktikan bahwa manusia melihat objek denga cahaya yang dipantulkan ke mata.
Beliau merupakan tokoh Fisikawan yang juga menemukan fenomena kamera obscura, fenomena ini menjelaskan bagaimana mata kita melihat gambar tegak, terjadi hal itu karena sambungan saraf optik dan otak.

Al-Zahrawi ( Bedah )
Ia seorang dokter yang mengeluarkan 1500 ensiklopedia tentang operasi yang kemudian digunakan di Eropa sebagai rujukan dalam dunia medis lebih dari 500 tahun.
Ilmuwan muslim ini dikabarkan sebagai tokoh yang melakukan oprasi caesar pertama kali, serta ia juga pencetus dari penggunaan benang dari peleburan usus kucing untuk menjahit luka. Kutipan Republika.

Ar-Razi ( Pakar Sains )
Ia merupakan salah satu ilmuwan terbesar dalam islam. Beliau merupakan tokoh pertama kali yang menulis tentang Alergi & Imunolog. Ilmuwan islam ini diketahui sebagai seorang ilmuwan yang menemukan penyakit 'alergi asma'.

Beliau juga ilmuwan pertama yang menjelaskan kalau demam merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi diri, Kutipan Islampos

Itulah informasi singkat tentang ilmuwan islam yang dihilangkan jejeknya. Semoga infomasi ini bermanfaat & bisa membuka wawasan lebih bagi kita semua.
Terima Kasih !

Post a Comment

Powered by Blogger.