Halloween party ideas 2015


zahzih.com| Sebelumnya penulis telah membagi artikel hanya ada di indonesia, yakni suatu label yang memfokuskan pada sesuatu yang unik, khususnya yang hanya terdapat di negeri ini. Nah untuk kesempatan kali ini penulis ingin membagi infomasi unik seputar primata terkecil di dunia.

Indonesia memang terkenal akan keanekaragaman fauna dan floranya, salah satunya ialah primata terkecil di dunia yang ternyata terdapat di Indonesia. Primata tersebut bernama Tarsius primata. Primata ini dahulu tersebar luas, namun spesies yang hidup sekarang hanya ditemukan di wilayah Asia tenggara, khususnya wilayah Sulawesi dan Manado.

Nama tarsius ini didapatkan dari tulang tarsus yang terdapat dikakinya, hal ini karena tulang
tarsus tersebut sangat panjang. Primata mungil ini memiliki mata yang tergolong besar, masing-masing matanya berdiameter 16 mm, Besar ini sama dengan keseluruhan dari otaknya. Panjang kepala dan tubuhnya 10 hingga 15 cm, akan tetapi panjang kaki belakangnya hampir dua kali dari panjang tersebut, serta primata ini juga memiliki ekor ramping sepanjang 20 sampai 25 cm.

Primata yang memiliki susuna gigi yang sangat unik ini ialah hewan noktural, yaitu hewan yang lebih aktif di malam hari dan sedikit beraktivitas ketika siang hari. Namun tak seperti hewan noktural pada umumnya, tarsius tidak memiliki daerah pemantul cahaya.

Primata ini memangsa serangga dengan cara melompat, dia juga diketahui memangsa ular, kadal,
kelelawar dan burung. Keunikan lain dari primata mungil ini, saat melompat dari satu pohon ke pohon yang lain, primata ini bahkan mampu menangkap burung yang sedang bergerak.

Tarsius dewasa diketahui hidup secara berpasangan, dengan jarak tempat tinggal keduanya sekitar satu hektar. Primata ini akan melahirkan anak setelah menjalani masa kehamilan selama 6 bulan, anak yang baru lahir itu akan mampu memanjat pohon sehari setelah kelahirannya. Tarsius mencapai masa dewasa pada umurnya setelah satu tahun. Sumber alambudaya.com

So, Indonesia ternyata masih menyimpan segudang keindahan yang belum banyak orang tau, kita juga sebagai warganya untuk sekiranya menjaga kelestarian satwa-satwa unik seperti ini. Nah, sekian dulu infonya guest, somoga bermanfaat. Berikan tanggapan kalian menggenai hal unik.
Terima kasih

Post a Comment

Powered by Blogger.