Halloween party ideas 2015

Anjing atau Kucing? Cerdasan mana sih Menurut Sains?
Anjing atau Kucing? Cerdasan mana sih Menurut Sains?

Tentu sudah tidak asing lagi dengan perbandingan dua hewan ini. Selalu dianggap sebagai suatu rivalitas yang abadi. Mungkin kalian juga sering bandingakan dua hewan ini. Belum lagi golongan yang memilih memelihara kucing atau anjing, kalau kalian golongan sebelah mana nih.

Nah terlepas dari hal itu, penulis akan berbagi fakta seputar anjing dan kucing, dua hewan dibandingkan dalam sebuah penelitian demi mengetahui mana sih yang lebih cerdas. Penilitian yang dilakukan dengan membandingkan dua hewan ini, Dipublikasikan di jurnal Frontiers in Neuroanatomy, para peniliti mencoba menyelidiki hal ini dengan melakukan pengukuran terhadap jumlah neuron. Neuron adalah sel saraf khusus yang ditemukan di otak untuk mentransmisikan sebuah pesan.

Hasilnya, anjing memiliki sekitar dua kali jumlah neuron di korteks serebral mereka dibandingkan kucing, dan mungkin dua kali lebih cerdas dibandingkan kucing. "Dalam penelitian ini, kami tertarik untuk membandingkan spesies karnivora yang berbeda untuk melihat jumlah neuron di otak mereka bila dibandingkan dengan ukuran otak," kata Dr. Suzana Herculano-Houzel dari Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat dikutip dari Sci-News, Jumat (1/12/2017).

Dilanjutkan lagi saya percaya jumlah neuron yang dimiliki hewan di bagian korteks serebral, menentukan kekayaan dan keadaan mental diri mereka, serta kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di lingkungan mereka berdasarkan pengalaman masa lalu.

Mereka memperkirakan dengan hipotesis bahwa otak karnivora harus memiliki neuron korteks lebih banyak daripada herbivora yang mereka mangsa, hal ini karena erburu lebih menuntut kemampuan kognitif dibandingkan strategi keamanan bagi herbivora untuk dengan jumlah yang lebih banyak.

Akan tetapi,hipotesis itu terbukti salah dengan dilakukannya penilitian ini, Tim ini menemukan bahwa rasio neuron terhadap ukuran otak karnivora berukuran kecil dan menengah, hampir sama dengan herbivora. kemudian opara peneliti juga mengetahui bahwa otak anjing golden retriever memiliki neuron korteks lebih banyak daripada hyena bergaris, singa, bahkan beruang coklat. Padahal, tiga spesies yang disebut terakhir memiliki korteks hingga 3 kali lebih besar daripada anjing.

Nah temuan kali ini juga sekaligus membantah pandangan selama ini bahwa hewan peliharaan memiliki otak yang lebih kecil daripada "sepupu" liar mereka.





source : kompas.com

Post a Comment

Powered by Blogger.